Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing

Published on February 11 2018

Cloud computing atau komputasi awan adalah teknologi yang memungkinkan Anda untuk mengakses data di mana pun kapan pun Anda berada selama Anda terhubung dengen internet. Dengan adanya teknologi terbaru ini Anda dapat dengan mudah mengakes data. Hal ini dikarenakan data yang Anda miliki disimpan pada satu data center dan Anda dapat mengakses data tersebut dari mana saja dengan koneksi internet.

Dengan teknologi ini Anda dapat melakukan remote working dengan mudah. Tidak heran jika sekarang bekerja dengan model remote woring juga sudah cukup lumrah bagi beberapa perusahaan.

Teknologi terbaru cloud computing ini memiliki memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan seperti sebagai berikut.

Kelebihan Cloud Computing

Fleksible
Jika dibandingkan dengan era sebelumnya, untuk saling bertukar data Anda akan sangat membutuhkan flash disk atau pun data storage lainnya. Storage ini pun sangat terbatas dan tidak dapat diakses dengan mudah. Jika Anda lupa membawa flash disk maka Anda tidak dapat mengakses data tersebut.

Dengan adanya cloud computing Anda dapat dengan mudah mengakses data di mana pun kapan pun. Hal ini dikarenakan data terpusat pada satu sistem dan Anda dapat mengaksesnya dengan koneksi internet. Apalagi di era ini koneksi internet sangatlah mudah didapatkan.

Menghemat Biaya
Membuat sebuah data center bukanlah hal yang remeh. Banyak sekali pertimbangan yang harus Anda pikirkan sebelum membuat data center. Apalagi Anda harus mencari lokasi yang aman untuk membangun data center tersebut. Tak hanya itu data center harus dibangun pada infrastruktur yang baik, agar perangkat data center tetap terjamin. Untuk itu teknologi cloud computing ini membantu Anda untuk dapat memiliki data center sendiri tanpa harus membangunnya dengan biaya besar.

Kekurangan Cloud Computing

Tergantung pada koneksi internet
Teknologi cloud computing memang sangat tergantung dengan koneksi internet. Jika Anda tidak memiliki koneksi internet maka Anda tidak dapat mengakses data yang Anda miliki. Sehingga bagi beberapa orang teknologi ini kurang sesuai.

Tetapi sekarang ini koneksi internet bukan lagi hal yang sulit didapatkan. Apalagi koneksi internet sekarang ini lebih murah dan cepat. Siapa pun dapat memiliki koneksi internet dengan mudah dan terjangkau.

Tips Memilih Cloud Service

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan teknologi cloud computing, hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu adalah kredibilitas cloud services yang akan Anda pilih. Salah satu cloud services Indonesia yang memiliki kualitas yang dipercaya adalah Lintasarta. 

Written by Dav

Published on #cloud, #internet

Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post
U
Thank you very much for sharing this awesome information.
Reply