Begini Perkembangan Kinetic Art Di Indonesia

Published on March 5 2018

Meskipun kinetic art termasuk jenis seni kontemporer yang baru, namun belakangan ini kinetic art kian hangat di perbincangkan. Terlebih bagi mereka, pecinta seni di indonesia.

Seni yang muncul karena indikator seni kontemporer ini merupakan seni yang menggabungkan unsur teknologi dan seni artistik. Lalu bagaimana sebenarnya perkembangan kinetic art di indonesia sendiri? Simak ulasannya.

Kinetic Art Telah Lama Populer dengan Nama Lain?

Menurut sebagian orang, seni kinetic art merupakan seni baru di indonesia. Kesimpulan itu barangkali muncul, karena perkembangan kinetic art yang belum begitu populer di indonesia. Namun, sebenarnya seni kinetic art di indonesia sudah tumbuh subur dengan penyebutan yang berbeda, yaitu seni instalasi.

Seni instalasi dan seni kinetic art sendiri sebenarnya merupakan dua seni yang berbeda. Seni instalasi merupakan seni yang didalamnya mengandung unsur gerak di dalamnya. Sedangkan kinetic art lebih kepada seni yang mengutamakan unsur gerak dengan berbagai bentuk. Karena itulah, penyebutan seni kinetic art sebagai seni baru atau new media tidak sepenuhnya tepat. Sebab seni tersebut sebenarnya telah populer dikalangan seniman di indonesia dengan penyebutan yang berbeda.

Baca juga: Perkembangan Kinetic Art https://edwinsgallery.com/kinetik_perkembangan.php

Ini Dia Tokoh Kinetic Art Indonesia

Meninggalkan tentang penyebutan seni kinetic, kepopuleran kinetic art akhir-akhir ini semakin memunculkan perkembangan yang nyata. Kepopuleran dari seni kinetic art menjadi semakin tampak. Terlebih setelah fotografer yang juga merupakan seniman kinetic art sculpture, yang juga merupakan pelopor seni kinetic art di indonesia, Edwin Rahardjo mulai memperkenalkannya, melalui pameran seni kinetic “Indonesia Contemporary Art Gallery” dengan karya berjudul “Motion Sensation” pada tahun 2011 di jakarta.

Kinetic art semakin berwujud nyata. Apalagi telah tersedia galleri bagi pecinta kinetic art sehingga bisa menikmati seni ini dengan mudah melalui galeri Edwins Gallery Kinetic Art yang terletak di kemang, jakarta selatan.

Written by Dav

Published on #kinetic art, #seni

Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post