Drum menjadi Alat musik perkusi paling favorit

Published on February 6 2018

Tahukah kamu bahwa didunia ini alat musik perkusi merupakan instrumen musik tertua dan paling primitif? Maka tak heran jika  jumlah alat musik perkusi ini terhitung paling banyak didunia dibanding jenis instrumen musik lain. Selain itu katanya, instrumen musik perkusi ini yang paling mudah juga dipelajari bahkan oleh anak-anak sekalipun.

Di Indonesia sendiri ada banyak alat musik perkusi yang bisa kita pelajari, misalnya gendang, gamelan atau bedug. Meski cara memainkannya sama yakni dipukul namun semua jenis instrumen musik mampu menghasilkan suara yang unik dan berbeda satu sama lain. Inilah yang membuat alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul atau ditabuh ini menjadi istimewa.

Para kaum pro dalam bidang musik juga mengamini kalau drum menjadi alat musik perkusi paling favorit. Mengapa? Mungkin beberapa alasan dibawah ini dapat memberikan penjelasan yang baik:

Drum menjadi instrumen musik perkusi yang cocok digunakan disemua genre musik

Tidak seperti gendang misalnya yang hanya cocok mengiringi musik-musik berirama melayu seperti dangdut, drum lebih universal. Dimainkan untuk genre musik apapun selalu cocok, dari dangdut, pop, rock bahkan untuk musik-musik latin. Karena sifatnya yang universal maka drum menjadi salah satu alat musik yang dapat dijadikan sebagai media komunikasi lewat musik

Kepopuleran drum tak pernah lekang oleh waktu

Drum ini sangat unik, muncul sejak ribuan tahun silam eksistensinya tetap bisa dipertahankan beberapa abad kemudian bahkan hingga saat ini. Mengapa pamor drum tak pernah redup? Mungkin karena penggunaannya yang sangat fleksibel, tidak hanya bisa digunakan untuk upacara adat namun juga untuk keperluan hiburan.

Memiliki irama paling kaya

Karena dalam satu set drum terdapat banyak kompartemen maka suara atau irama yang dihasilkan drum pun jadi lebih berwarna dan kaya. Nampaknya inipula lah yang membuat drum dapat dimainkan untuk genre musik apapun. Kekayaan iramanya membuat pemainnya bebas bereksplorasi dengan irama.

Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post