Tips Vokal untuk Bernyanyi dengan Tepat

Published on April 27 2018

Tips vokal merupakan sesuatu hal penting bagi orang yang ingin meningkatkan kualitas suaranya ketika bernyanyi, atau bahkan untuk penyanyi yang sudah memiliki jam terbang tinggi. Bagi Anda yang ingin mengikuti kompetisi menyanyi, tips dan trik vokal bisa membantu persiapan dan latihan Anda dalam bernyanyi. Salah satu komponen penting yang mempengaruhi vokal seseorang adalah kondisi atau kesehatan badan orang tersebut. Apabila Anda sakit maka otomatis akan mengganggu penampilan Anda ketika bernyanyi. Misalnya seperti pita suara sedikit terganggu jika sedang mengalami flu dan batuk. Oleh karena itu, jagalah kondisi badan agar tetap sehat dengan rajin olahraga ringan dan minum air putih secukupnya.

Tips vokal pertama yaitu terkait upaya menambah power atau kekuatan vokal. Terdapat beberapa cara yang mudah dilakukan untuk menambah kekuatan otot paru-paru dan memperkuat hembusan napas. Cara pertama yaitu meniup lilin dengan jarak beberapa jengkal hingga lilin mati. Lakukan istirahat selama beberapa menit sekali selama menggunakan teknik. Cara kedua dengan menggunakan balon. Sama halnya seperti meniup lilin, Anda dapat meniup balon untuk menambah kekuatan vokal. Perlu diingat ketika melakukan teknik meniup ini, apabila Anda sudah lelah maka berhenti dan tidak perlu dipaksakan karena jika dipaksakan justru akan buruk hasilnya. Selain kedua cara tadi, Anda juga dapat mencoba menyanyi dalam air menggunakan ember untuk menambah power. Tips dan trik vokal selanjutnya yaitu tips bagi yang suaranya kerap sumbang saat menyanyi. Cara yang dilakukan yaitu menutup sebelh telinga bisa kanan maupun kiri saat menyanyi. Hal ini berfungsi untuk mengontrol vokal sendiri.

Baca juga: Trik Tentang Cara Belajar Menyanyi dengan Cepat

Berbagai trik dan tips vokal tadi dapat mempermudah dalam meningkatkan kualitas bernyanyi Anda. Bagi sebagian orang, tips tersebut dapat membuahkan hasil. Namun, bagi yang belum mendapatkan hasil maksimal setelah mencoba, bisa jadi Anda perlu bimbingan lebih untuk meningkatkan kualitas menyanyi Anda karena kemampuan seseorang berbeda-beda. Salah satunya dengan belajar vokal di Yamaha Musik Indonesia yang memiliki tenaga pengajar berpengalaman di bidangnya.   

 

Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post