Kinetic Art, Seni Atau Ilusi?

Published on January 2 2018

Dari banyaknya kegagalan tentu saja terdapat banyak seni yang muncul dari hal tersebut dan salah satu hal tersebut seperti kinetic art yang menjadi seni paling melegenda saat ini. Bagaimana tidak melegenda jika saja seni kontemporer ini memiliki banyak sekali hal yang sangat unik seperti seni yang ada ilusinya. Nah, dari pada penasaran, langsung kita simak ulasannya berikut ini!

Apa Itu Seni Kinetic Art

Nah, saat ini kami akan memberikan beberapa ulasan yang sangat penting bagi Anda pecinta seni mengenai kinetic art yang saat ini sedang trend. Adapun beberapa hal tersebut diantaranya:

Seni Yang Memanfaatkan Ilusi

Perlu Anda ketahui jika art jenis ini memang meliputi interaksi antara ilusi dan gambar, antara pemahaman dan penglihatan yang sebenarnya. Ketika penonton melihat seni kinetik ini, tentu saja timbul adalah gerakan, gambar tersembunyi, berkedip dan bergetar, berpola, membengkak atau berubah. Dan inti dari kinetic art ini adalah suatu instalasi seni yang melibatkan gerakan, baik itu gerakan langsung maupun ilusi yang menyebabkan objek seolah-olah bergerak.

Dalam membuat objek bergerak banyak cara yang dilakukan oleh para seniman kinetic art, diantaranya mereka membuat objek terintegrasi dengan sistem listrik, pegas, tenaga alam seperti angin atau air dan lain sebagainya. Kinetic art jenis ini juga meliputi onjek atau patung yang bisa digerakkan oleh sistem mekanis melalui listrik, uap atau jam. Dengan memanfaatkan fenomena alam seperti angin atau tenaga ombak atau bisa juga mengandalkan penonton agar membuatnya gerak dengan memberikan sesuatu seperti tuas pegangan.

Sudah dipahami lebih lanjut jika kinetic art merupakan jenis karya seni yang menggambarkan aspek ilmiah dan artistic. Mungkin bagi sebagian seniman kinetic art tidak begitu populer namun apabila dipelajari lebih lanjuta, seni ini sangat menarik dan membuat orang ingin lebih mendalaminya lagi. Kinetic art ini juga mulai diakui dan menjadi pembahasan sejak tahun 1950-an dan popularitasnya tidak begitu tumbuh dengan subur selama bertahun-tahun. Dan tulisan ini akan memberikan gambaran singkat tentang apa itu kinetic art dan bagaimana wujud penerapannya.

Inilah beberapa hal yang wajib untuk Anda pahami dan pelajari lebih lanjut lagi akan seni kinetic art yang merukan seni ilusi. Semoga bermanfaat :)

 

Written by Dav

Published on #art, #gallery, #artist

Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post