Sebelum belajar cara bermain piano pahami dulu hal ini

Published on March 23 2018

Belajar cara bermain piano tidak sesulit yang dibayangkan namun juga tidak begitu mudah. Terpenting adalah kita mengetahui dasar-dasar permainannya yang mesti dikuasai, seperti posisi tubuh yang benar ketika bermain piano dan juga tuning secara berkala. Hal ini penting untuk diketahui untuk memastikan bahwa kamu telah memulai langkah belajar cara bermain piano dengan benar.

Sebelum belajar cara bermain piano lebih baik terlebih dulu kita memahami tata letak keyboard piano, deretan tombol mendatar yang digunakan untuk memainkan musik dan juga memahami cara kerja pedal yang akan membuatmu terlihat seperti seorang profesional. Mari kita pahami dulu soal keyboard piano;

Keyboard

Sebagian besar keyboard piano terutama klasik atau grand piano memiliki 88 tombol (terkadang kurang) dengan 52 tombol putih dan 36 kunci hitam.

Jika memperhatikan tata letaknya, kamu akan melihat pola berulang: sekelompok dua tombol hitam kemudian sekelompok tiga tombol hitam di antara tombol putih. Ingat kelompok-kelompok kunci hitam ini karena mereka akan membantu kita menemukan catatan musik di langkah berikutnya.

Tombol pada keyboard diatur dari yang terendah ke tertinggi (dari kiri ke kanan). Pilih kunci putih, putar, dan naik (ke kanan) ke tombol yang berdekatan (apakah hitam atau putih) dan mainkan.

Jarak antara dua tombol berurutan yang kita mainkan disebut Half Step. Terus naik dengan Half Step sampai mencapai tombol terakhir keyboard. Setiap kali  berada pada kunci putih, kunci yang berdekatan dapat menjadi hitam atau putih, sedangkan ketika berada pada kunci hitam, kunci yang berdekatan selalu putih.

Sekarang belajarlah mempelajari apa itu Setengah Langkah, definisi dari Whole Step. Memindahkan Seluruh Langkah berarti  bergerak (naik atau turun) dua Langkah Setengah dari kunci awal. Pilih kunci putih, mainkan dan pindah ke kunci putih berikutnya (di sebelah kanan misalnya) dan seterusnya.

Inilah yang disebut dengan langkah utuh. Tapi bila tidak ada tombol hitam di antara dua tombol putih yang berdekatan, itu artinya kamu sedang memindahkan Half Step.

Ituah cara atau dasar menguasai keyboard atau kunci piano, semoga bermanfaat!

Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post
N
oh jadi itu pengertian Half Step
Reply